Rabu, 28 Desember 2016

Pengertian dan Fungsi Polis Asuransi

Tags

Fungsi Polis Asuransi
Pengertian Polis Asuransi

Pengertian dan Fungsi Polis Asuransi

Dalam dunia asuransi, ada beberapa istilah yang mungkin tidak dimengerti oleh kaum awam seperti polis asuransi. Jika Anda pernah mendengar kata asuransi, tentunya istilah yang satu ini juga tidak asing di telinga Anda. lalu apa sih sebenarnya polis dan apa fungsinya? Jika Anda mungkin berencana membeli asuransi, memahami hal-hal tersebut sangat diperlukan.

1. Apa itu Polis Asuransi?

Polis merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mewakili bukti perjanjian tertulis antara pemberi asuransi dan penerima asuransi. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab pemberi asuransi serta hak dan kewajiban nasabah. Bukti tersebut sah secara hukum sehingga kedua pihak harus bertindak sesuai dengan peraturan yang tertulis disana. Dengan demikian polis merupakan surat tertulis yang berisi perjanjian antara kedua belah pihak. Hal ini bisa dipahami dengan mudah karena surat perjanjian tersebut bisa juga disebut sebagai surat kesepakatan antara penanggung dan yang ditanggung.

2. Apa fungsinya?

Fungsi dari polis berbeda tergantung dari kedua pihak. Dari pihak nasabah tentu saja polis berfungsi sebagai jaminan bahwa nasabah akan ditanggung kerugiannya terkait dengan hal-hal yang tertulis di dalam polis tersebut. Jadi jika nanti nasabah mengalami kehilangan atau kerusakan sesuatu yang tertera di dalam polis, maka nasabah berhak melakukan klaim pertanggungan sesuai dengan kesepakatan yang ada disana. Untuk penanggung asuransi, polis berfungsi sebagai kesepakatan penerimaan pertanggungjawaban untuk menanggung hal-hal yang sudah tertera di dalam polis tersebut. Karena merupakan surat kesepakatan yang sah, polis berlaku secara hukum dan berhak diproses jika terjadi pertentangan diantara kedua belah pihak. 

Karena polis berkaitan dengan asuransi, Anda mungkin berpikir apakah dengan polis tersebut berarti nasabah aman sepenuhnya dengan adanya dana yang akan ditanggungkan? Hal tersebut tentu saja tidak bisa dipastikan. Polis asuransi bisa saja tidak memberikan jaminan tanggungan sepenuhnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika hal semacam itu dibicarakan direncanakan baik-baik dengan penasehat yang tepat seperti Futuready. Dengan melakukan sedikit tanya jawab dan konsultasi, Anda bisa mendapatkan solusi yang tepat mengenai asuransi.