Jumat, 30 Desember 2016

Mengapa Search Engine Optimization Disebut Organik?

Tags

Mengapa Search Engine Optimization Disebut Organik?


Search Engine Optimization atau yang kerap disingkat menjadi SEO merupakan sebuah proses aktivitas yang akan membuat situs atau halaman web yang di-SEO-kan berada di urutan pertama pada hasil pencarian di mesin pencari. Sistem ini memiliki begitu banyak kelebihan sehingga banyak digunakan terutama oleh pebisnis online. Selain kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, terdapat beberapa istilah dalam SEO yang penting untuk diketahui. Salah satunya adalah SEO sering disebut sebagai hasil pencaria alami atau organik. Tentu saja ada alasan mengapa disebut demikian. Hal ini terutama karena SEO merupakan sebuah proses yang tumbuh serta berkembang. Sebuah situs atau halaman web yang menerapkan SEO tidak secara langsung akan menjadi urutan pertama pada hasil pencarian, namun terjadi secara bertahap.

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

Proses SEO dimulai dari situs website yang didaftarkan terlebih dahulu domain atau hostingnya. Situs ini umumnya berupa situs yang kurang atau tidak populer serta tidak menempati posisi apapun pada hasil pencarian. Dengan menggunakan Search Engine Optimization yang baik dan benar, perlahan situs akan terdongkrak naik dari segi trafik pengunjung. Situs juga akan semakin besar, populer dan berkembang menjadi lebih baik. Hal ini berbeda dengan situs non-SEO di mana memiliki sifat yang instan. Apabila pemilik situs mampu membayar, maka situs atau halamannya akan berada pada urutan pertama hasil pencarian. Akan tetapi apabila pemilik situs tak lagi membayar, otomatis iklannya akan menghilang dan digantikan situs lain yang pemiliknya masih tetap membayar.

Analogi yang pas untuk menggambarkan situs SEO dengan non-SEO ini adalah hewan ternak yang dipelihara dengan tambahan obat-obatan dan suntikan sehingga produksi dagingnya melimpah. Bandingkan dengan hewan yang dipelihara biasa saja secara alami tanpa tambahan obat-obatan tertentu. Metode SEO dan non-SEO memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing yang perlu untuk dicermati sebelum digunakan. Namun, perlu untuk diperhatikan bahwa tidak ada istilah SEO non-organik, karena SEO itu sendiri sudah merupakan produk organik. Demikian pengertian mengapa metode Search Engine Optimization disebut sebagai hasil organik atau alami.